BIMBINGAN & KONSELING
MI. THORIQUL HUDA
PROGRAM
HARIAN
PELAYANAN
KONSELING
|
Sekolah : MI. Thoriqul Huda Bulan : Juni - Desember
Kelas : I – VI Minggu :
Konselor : Cahyani Rahmatika, S.Pd.
NO
|
Nama Siswa
|
Kebutuhan
Bimbingan
|
Jenis
Layanan
|
Semester
|
Uraian
|
|||||
|
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
1.
|
Habib Imtiyaz Kamil
|
Suka mencontek
|
1.
Memberikan nasihat.
2.
Memberikan hukuman jika masih
mengulanginya
3.
Komitmen untuk tidak mencontek
lagi
|
|
Terlaksana
|
|
Terlaksana
|
|
Tuntas
|
-
Pembimbingan di bulan ke-2
peserta didik diberikan nasihat bahwa mencontek itu tidak baik.
-
Pembimbingan di bulan ke-4
peserta didik diberikan hukuman. Contohnya: mengerjakan sendiri di depan
kelas atau di ruang guru.
|
2.
|
Ilham Firdaus
|
Suka bertengkar
|
1.
Memberikan nasihat
2.
Memberikan hukuman
3.
Membuat komitmen
|
Terlaksana
|
|
Terlaksana
|
|
Tuntas
|
|
-
Pembimbingan di bulan ke-1
peserta didik diberikan nasihat bahwa bertengkar sesama teman itu tidak baik.
-
Pembimbingan di bulan ke-3
peserta didik diberikan hukuman agar tidak bertengkar lagi dengan temannya.
Contohnya: berdiri hormat kepada bendera, lari keliling lapangan, atau
membersihkan toilet.
-
Membuat komitmen dengan peserta
didikpada bulan ke-5 Yaitu, jika dia mengulangi kesalahannya lagi, maka orang
tuanya akan di panggil menghadap kepala sekolah.
|
3.
|
Labib Haidar
|
Lamban dalam membaca
|
1.
Memberikan bimbingan membaca
2.
Memberikan PR.
|
|
|
Terlaksana
|
|
|
Tuntas
|
-
Pembimbingan di bulan ke-3
peserta didik diberikan bimbingan membaca di luar jam pelajaran, atau murid tersebut
disendirikan saat jam pelajaran di kelas dan teman-temannya di berikan tugas
untuk di kerjakan.
-
Pembimbingan di bulan ke-6
peserta didik diberikan PR yang banyak terdapat bacaannya, dan guru
bekerjasama dengan wali murid agar membantu anaknya latihan belajar di rumah.
|
4.
|
Muhammad Rafa Azka Putra
|
Suka ramai atau berisik di kelas
|
1.
Memberikan peringatan
2.
Membuat komitmen
|
|
Terlaksana
|
|
|
Tuntas
|
|
-
Pembimbingan di bulan ke-2
peserta didik diberikan peringatan saat dia ramai atau berisik saat jam
pelajaran di kelas. Contohnya dengan menyuruhnya diam.
-
Pembimbingan di bulan ke-5
membuat komitmen dengan peserta didik agar tidak ramai di kelas, jika masih ramai di kelas saat jam
pelajaran, maka peserta didik akan di beri hukuman. Contohnya: menulis “saya
tidak akan mengulangi perbuatan saya lagi” sebanyak 3-5 lembar di buku tulis
dan di kumpulkan.
|
5.
|
Abdul Rahman Hafiz
|
Suka mengganggu temannya
|
1.
Memberikan nasihat
2.
Memberikan peringatan
3.
Memberikan hukuman
4.
Membuat komitmen
|
Terlaksana
|
|
Terlaksana
|
Terlaksana
|
|
Tuntas
|
-
Pembimbingan di bulan ke-1
memberikan nasihat kepada peserta didik untuk tidak mengganggu temannya lagi
dan menyuruhnya meminta maaf kepada teman yang sudah dia ganggu.
-
Pembimbingan di bulan ke-3
peserta didik diberikan peringatan agar tidak mengganggu temannya lagi.
Conrohnya dengan menegurnya atau memarahinya.
-
Pembimbingan pada bulan ke-4
peserta didik akan diberikan hukuman jika masih mengganggu temannya.
Contohnya: dengan menyuruhnya berdiri di depan kelas sampai jam pelajaran
selesai.
-
Pembimbingan pada bulan ke-6
pembuatan komitmen dengan peserta didik bahwa, jika dia masih mengganggu
temannya maka orang tuanya akan di panggil menghadap kepala sekolah.
|
6.
|
Budi Prasetyo
|
Kesulitan menangkap pelajaran
|
1.
Mengajarinya secara pelan-pelan
|
|
|
|
|
Tuntas
|
|
-
Pembimbingan pada bulan ke-5
peserta didik di ajarkan secara pelan-pelan dan bertahap sampai bisa faham
dengan pelajaran yang diperolehnya atau diberikan metode-metode yang lebih
memudahkan peserta didik untuk menangkap pelajaran yang didapatnya. Contoh:
jika siswa tertarik dengan gambar-gambar, maka cara mengajarinnya yaitu
dengan menggunakan metode gambar-gambar yang mudah di fahami.
|
7.
|
Eka Putra
|
Kurang sopan
|
1.
Mengajarinya sopan santun
|
|
|
Tuntas
|
|
|
|
-
Pembimbingan pada bulan ke-3
peserta didik diajarkan untuk bersikap
sopan kepada siapapun yang di temuinya
|
8.
|
Haidar Nasruddin
|
Takut berbicara pada temannya
(pemalu)
|
1.
Mendekatinnya secara perlahan
2.
Mengajaknya berbicara
3.
Mengajaknya bersosialisasi
|
|
Terlaksana
|
|
Terlaksana
|
|
Tuntas
|
-
Pembimbingan pada bulan
ke-2memahami karakter dan sifat peserta didik tersebut dan mendekatinya
secara perlahan agar dia tidak takut untuk berbicara kepada orang lain atau
temannya.
-
Pembimbingan pada bulan ke-4
pembimbing mengajak berbicara anak tersebut. Contohnya dengan menanyakan
kabarnya, bagaimana belajarnya hari ini, ada kesulitan dalam pelajaran apa,
dan lain-lain.
-
Pembimbingan pada bulan ke-6
pembimbing mengajak peserta didik untuk ikut bersosialisasi dalam kegiatan
atau dalam suatu organisasi agar peserta didik dapat lebih banyak
berinteraksi dengan orang lain.
|
9.
|
Hakim Mukhlish Muhtarom
|
Sering telat
|
1.
Menegurnya
2.
Memberikan hukuman
3.
Membuat komitmen
|
Terlaksana
|
|
Terlaksana
|
|
Tuntas
|
|
-
Pembimbingan pada bulan ke-1
pembimbing menegur peserta didik agar tidak sering telat dengan alas an
apapun kecuali dalam keadaan darurat.
-
Pembimbingan pada bulan ke-3
jika peserta didik masih sering telat, maka akan diberikan hukuman.
Contohnya: membaca surat yasin atau lari keliling lapangan 3-5 kali.
-
Pembimbingan pada bulan ke-5 pembuatan
komitmen dengan peserta didik yaitu, jika peserta didik masih sering telat
saat sekolah maka tidak diperbolehkan mengikuti jam pelajaran pertama atau
bisa juga orang tuanya akan di panggil menghadap kepala sekolah.
|
10.
|
Virzha wahyu setiadi
|
Malas untuk menulis
|
1.
Menasihatinya
|
|
|
|
|
Tuntas
|
|
-
Pembimbingan pada bulan ke-5
pembimbing menasehati peserta didik untuk tidak malas untuk menulis, karena
catatan yang daia tulis nantinya dapat berguna saat menjelang ujian.
Contohnya: belajar dari buku catatan karena di buku LKS tidak terdapat materi
tersebut.
|
Mengetahui Randu
Padangan, Juni 2015
Kepala Sekolah, Konselor/Guru BK
Kepala Sekolah, Konselor/Guru BK
Ali Rachmad, S.Pd. M.Pd. Cahyani
Rahmatika, S.Pd
NIP. 199102062013031002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar